Kamis, 18 April 2013

Seifenluftblase



guys cantikan huwa hahaha hey hey hey bukan manusianya loh tapi itu tuh si buder yang kagi doi tiup, yupssss gelembung sabun atau disebut dalam bahasa Jerman Seifenluftblase, haha dikit dikit lah mau mempelajari bahasanya sono hehehe. Kali ini tertarik buat nulis tentang gelembung sabun guys, sapa sih yang ga tau si gelembung yang berasal dari sabun ini, dari yang kecil sampe yang udah gede juga suka main mainin si sabun ehhh si gelembung sabun maksudnya :P.... tak jarang banyak di jual sabun sabun yang khusus buat mainan bahkan gelembung sabun bisa di gunakan buat pertunjukkan loh, ga percaya? percaya aja deh, masih belum mau percaya? iya deh iya ini buktinya 


ini dia buktinya bagus yaaa.... aku sih belum pernah liat yang nyatanya hahaha tak apalah liat fotonya juga udah seneng..... Bahkan sebuah gelembung sabun pun bisa dijadiin objek photografi loh, ini nih beberapa gambar yang di ambil oleh photografer handal, check it out......











WOWWW bagus yaaa.... sepersekian detik bisa membidik dan mengabadikan gelembung2 yang pecah hebaaattttt banget deh....... ternyata sebuah gelembung sabun pun punya nilai seni yaaa, ga nyangkaaa, ntar kalo lagi main sabun coba coba deh guys sekalian foto foto gitu hahaha, haha abaikan deh guys .... becandaaaa doank ^^

BAYDEWEEE......
pernah ga terpikirkan kenapa gelembung sabun itu bentuknya bunder alias bulet? hayoooo hayoooo coba pikirin :D
Coba kamu bayangkan bagaimana seandainya gelembung sabun tersebut berbentuk persegi. Nah nah ini nih ada penjelasannya kenapa si gelembung bunder bentuknya...... 

"Gelembung-gelembung bundar berbentuk bola, terbentuk karena adanya suatu gaya tarik menarik yang disebut dengan tegangan permukaan yang menarik molekul-molekul air sekuat mungkin untuk membentuk kelompok-kelompok.
Dan pengelompokan yang sekuat mungkin antara sejumlah partikel hanya mungkin terjadi apabila mereka membentuk sebuah bola. Diantara semua bentuk yang ada seperti kubus, piramida, dan sebagainya, hanya bentuk bola atau bundar yang memiliki luas sebelah luar paling kecil"



"Ketika kamu meniup air sabun dari sebuah pipa kecil, maka tegangan permukaan air akan mencari luas permukaan yang paling kecil. Maka kemudian terbentuklah bola.
Cobalah untuk meniupkan lebih banyak udara ke dalam gelembung air sabun tadi, maka yang terjadi adalah air sabun akan terus memperluas permukaannya untuk menyeimbangkan tekanan dari dalam.Tetapi permukaannya akan semakin tipis karena memang persediaan air memang terbatas, sehingga pada suatu titik tertentu tegangan tadi tidak sanggup lagi untuk menahan tekanan udara dari dalam dan membuatnya"



 
"Lalu mengapa kita harus menggunakan air sabun untuk membentuk gelembung? Air sabun mempunyai khasiat khusus mengurangi tegangan permukaan air. Zat pembersih ini membuat tegangan permukaan air cukup elastis untuk dapat ditarik dan dapat diregangkan membentuk wujud tiga dimensi. "





gimana guys asyik juga yah si bunder nan imut ituuuu, liat deh bisa di bentuk macem macem nih hahahaha... ga nyangka dari si kecil bunder itu bisa jadi gini bentuknya yaaa, wah wahhh perlu belajar nih mainin sabun biar bisa semenarik ini, yayyy terkadang sesuatu yang simple itu bisa juga menarik saat di cari tau yaaa, nah guys semoga bermanfaat, see yuuu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar